Tarif biaya Pembuatan Sumur Bor di Jogja

Perhatikan 5 Hal Berikut Selain Mempertimbangkan Tarif Biaya Sumur Bor Jogja

Ketika Anda ingin membangun hunian yang bisa bertahan dalam jangka panjang, jangan lupa untuk memperhitungkan peletakan sumur. Pembuatan sumur yang tepat untuk mendapatkan sumber air sehat akan bermanfaat untuk menyediakan kebutuhan air dalam kegiatan sehari-hari, mulai dari masak, mandi, hingga cuci. Pada prakteknya, sebelum Anda melakukan survey tarif biaya pembuatan sumur bor di Jogja, ada beberapa hal lain yang perlu Anda pertimbangkan, yaitu: 

  1. Jenis sumur yang ingin dibuat

Sampai saat ini ada beberapa jenis sumur yang bisa dibuat di area rumah tinggal setelah melakukan survey dan disesuaikan dengan kebutuhan. 

  1. Sumur resapan

Sumur resapan umumnya dimiliki perumahan atau bangunan yang terletak di area yang lingkungan sekitarnya cenderung kering. Sumur semacam ini bisa berfungsi menampung air hujan, mengurangi sedimentasi, mencegah banjir, dan mencegah longsor. Proses pembuatannya hampir sama dengan sumur galian yang dibuat secara manual, mengingat kedalaman sumur ini tidak terlalu dalam. Pada prakteknya, air yang tertampung di sumur resapan ini bisa digunakan untuk membantu tanaman tetap subur saat musim kemarau tiba dan meminimalisir pencemaran air tanah karena benda yang tidak bisa terurai.     

  • Sumur bor 

Sumur bor umum ditemukan di daerah perkotaan, dimana hanya ada beragam bangunan berukuran besar. Pembuatan sumur bor umumnya didasarkan pada kapasitas air dan kondisi geologis dari bangunan yang memerlukan sumur tersebut. Paling sedikit, sebuah bangunan akan membutuhkan sumur bor dengan kedalaman 30m. Tetapi untuk bangunan yang sangat besar, seperti apartemen dan hotel, kedalaman sumur yang dibor umumnya mencapai 100 hingga 150m. Keistimewaan sumur bor jika dibandingkan dengan sumur lain adalah kualitas air bersih yang terjamin dan prosesnya untuk pemompaan lebih cepat.    

  • Sumur pompa

Sumur pompa umum ditemukan di pemukiman warga yang membutuhkan sumur untuk kebutuhan air bersih dan airnya dialirkan melalui pompa. Sumur pompa dibuat dengan cara mengebor lapisan tanah hingga mencapai lapisan sumber air. Kedalamannya disesuaikan dengan kontur tanah dan lokasi bangunan. Untuk membuat airnya naik, dipasang pompa yang diberi tuas khusus dan memiliki filter agar air yang tersaring dalam keadaan bisa dikonsumsi. Salah satu keunggulan sumur jenis ini adalah tidak memakan banyak ruang dan mudah dioperasikan.

  • Sumur artesis

Hampir sama dengan sumur bor, tersedia sumur artesis yang dibangun menggunakan mesin dan lapisan tanah akan dibor hingga kedalaman minimal 250m. Kapasitas air yang dihasilkan dari pembuatan sumur artesis umumnya jauh lebih besar dari beragam jenis sumur lain dan untuk pengoperasian sumur ini tidak dibutuhkan pompa ukuran besar. Namun demikian, agar selama pengeboran berlangsung, sumber air yang didapatkan benar-benar bersih diperlukan perhitungan matang untuk pengeboran.   

  • Sumur galian

Sumur galian adalah jenis sumur yang banyak ditemukan di area desa dengan kedalaman mulai 10 hingga 20m. Sumur galian umumnya digali dengan alat sederhana dan di sekelilingnya diberi batu yang disemen agar air tidak mudah merembes keluar. Sumur semacam ini umumnya digali jauh dari area septic tank, wc, atau aliran irigasi sawah, karena pola galian yang dangkal memungkinkan kotoran atau racun pestisida ikut terseret masuk ke dalam air sumur galian.   

  • Pengujian yang harus dilakukan

Ketika sumur bor akan dibangun di sebuah area, ada beragam jenis test yang bisa digunakan untuk menentukan apakah lokasi yang akan diproses sumur bornya sudah tepat dan kualitas airnya memenuhi standar keamanan yang disarankan. Ada metode pumping test atau metode step drow down test yang umum digunakan untuk melihat perubahan karakter debit air pada saat dipompa terus menerus. Ada tidaknya kandungan gas berbahaya atau kandungan material lain yang mungkin terangkat keatas pada saat pemompaan berlangsung. Pengujian pada air tanah juga perlu dilakukan untuk mengetahui penurunan debit air tanah secara berkala agar di masa mendatang, penurunan air tanah yang terjadi akibat penggunaan untuk kebutuhan bangunan tidak menyebabkan dampak negatif pada bangunan, kontur tanah, ataupun pada pengguna sumur.   

  • Tahapan pembuatan sumur

Sebelum Anda bertanya tarif biaya pembuatan sumur bor di Jogja, pastikan dulu Anda mengetahui tahapan pembuatan sumur bor yang tepat, agar kedepannya tidak ada resiko negatif akibat penggunaan sumur.

  • Buat perbandingan terlebih dahulu terkait biaya untuk pengeboran sumur maupun biaya pengaliran air melalui pipa

Pada dasarnya bisa dikatakan bahwa membuat sumur bor memerlukan perhitungan yang matang. Anda perlu terlebih dahulu membandingkan berapa biaya jangka panjang yang akan Anda habiskan pada saat area yang akan Anda bangun menyambungkan pipa ke lokasi persediaan air milik publik daripada membuat sumur bor secara terpisah. Untuk proses pengeboran, Anda juga perlu berhitung dengan biaya survey dan penentuan titik pengeboran yang tidak mungkin Anda lakukan sendirian. Anda juga perlu memperhatikan kontur tanah yang ada di lingkungan kantor atau tempat tinggal Anda. 

  • Lakukan survey untuk mengetahui lokasi spesifik pengeboran sumur

Sumur bor jelas berbeda prosedurnya dengan sumur biasa yang digunakan untuk rumah tangga, itu sebabnya Anda perlu melakukan survey ke Dinas Pekerjaan Umum terdekat untuk mengetahui karakteristik akses sumur hingga jangkauan pengeboran yang diperbolehkan. Dengan mengetahui hal ini, Anda akan terhindar dari resiko pencemaran air tanah yang dialirkan melalui sumur bor di kemudian hari.

  • Jika ada sumur yang pernah digali di area yang sama, cari tahu dulu lokasi sumur sebelumnya

Di Dinas terkait umumnya tersedia data yang bisa diakses langsung maupun online untuk lokasi tertentu. Jika Anda termasuk developer atau pengembang yang ingin membangun gedung public, pastikan Anda mengetahui data sumur yang pernah dibuat di area yang sama hingga debit air yang dihasilkan. Secara umum, lapisan akuifer berada dalam kantung air yang tertutup kantung berpori. Kantung berpori inilah yang akan menentukan tingkat kemudahan lapisan tanah saat dilakukan pengeboran. 

  • Pelajari peta geologi dan topografi

Ketika Anda berkonsultasi pada ahli pertanahan, pastikan Anda juga mempelajari peta geologi dan topografi area yang ingin dibuat sumur bor. Anda perlu mengerti tentang formasi batuan hingga permukaan tanah lokasi sumur yang akan dibor. Ketepatan pengeboran akan mempengaruhi debit air yang bisa digunakan dalam jangka panjang.

  • Bertanya pada tetangga sekitar lokasi pengeboran sumur

Salah satu masalah yang mungkin muncul saat akan dilakukan proses pengeboran sumur adalah keberadaan sumur tua yang tidak diketahui dokumentasinya. Oleh karena itu, ketika Anda ingin membangun hotel, apartemen, atau bangunan besar lain di suatu area yang tidak terlihat riwayat pengeboran sebelumnya, Anda bisa mencoba bertanya pada penduduk setempat terkait kemungkinan adanya sumur galian atau sumur lain yang pernah dicoba digali di area tersebut. 

  • Meminta bantuan pada konsultan pembuatan sumur yang profesional

Ketika Anda yakin tidak ada warga sekitar yang memberikan informasi valid, Anda bisa meminta bantuan kepada ahli hidrologi atau ahli geologis yang lebih profesional. Para ahli ini biasanya bisa memprediksi lokasi yang tepat untuk membuat sumur bor.

  • Lengkapi berkas perijinan pembuatan sumur bor

Ketika perusahaan Anda membutuhkan sumur bor untuk operasional usahanya, langkah lanjutan yang perlu dilakukan adalah melengkapi perizinan untuk pembuatan sumur bor, mulai dari izin usaha perusahaan, kartu identitas pimpinan perusahaan, npwp, nomor induk berusaha, serta kelengkapan lainnya. Perusahaan Anda perlu mengantongi izin untuk melakukan pengeboran dan mengikuti regulasi yang berlaku. 

  • Membuat sumur bor

Ketika pengeboran sumur sudah dimulai, Anda perlu memahami bahwa setiap daerah memiliki regulasi terkait lokasi mana yang boleh dan tidak boleh dijadikan area sumur bor. Secara umum, sumur bor memiliki jarak 1,5m dari lokasi bangunan utama dan jauh dari area yang mungkin terkontaminasi kotoran hewan, bakteri, atau cemaran limbah logam.

  • Pilih metode untuk mengebor sumur

Proses pembuatan sumur bisa dilakukan dengan bor auger, bor putar, maupun kabel perkusi yang bekerja hampir sama seperti mesin pemancang. Masing-masing alat akan disesuaikan dengan kondisi kontur tanah hingga kemungkinan material yang terpendam didalam tanah agar proses pengeboran berlangsung lebih cepat.

  • Selesaikan pengeboran

Ketika pengeboran sumur sudah dilakukan, perusahaan jasa pengeboran sumur yang Anda percaya perlu memasang wadah pelindung khusus untuk menghindari kontaminasi dari sisi-sisi sumur atau kemungkinan air mongering. Umumnya benda ini dibuat dari pipa besi atau pvc dengan ketebalan tertentu. Ketika pelindung dipasang, alat perforator juga harus dimasukkan untuk memudahkan pemasangan dengan memanfaatkan tekanan air.  

  • Kredibilitas penyedia jasa pembuat sumur bor

Ketika perusahaan Anda menyerahkan kepada pihak ketiga untuk pembuatan sumur bor, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan selain tarif biaya pembuatan sumur bor di jogja.

  • Anda perlu mensurvei lokasi penyedia jasa yang lokasinya dekat dengan perusahaan atau pemukiman yang ingin Anda fasilitasi dengan sumur bor, dengan begitu Anda bisa berkonsultasi langsung pada ahli di bidangnya dari perusahaan tersebut.
  • Sebaiknya Anda memilih bekerjasama dengan perusahaan pengeboran sumur yang memiliki ijin operasional dan kantor yang jelas. Umumnya perusahaan yang telah berdiri cukup lama dengan beragam konsumen mampu memberi jalan keluar untuk permasalahan terkait sumur bor yang Anda alami.
  • Tanyakan ada tidaknya garansi layanan yang bisa diberikan oleh perusahaan jasa yang bersangkutan terutama untuk kerjasama jangka panjang.
  • Ketika bekerjasama dengan pihak ketiga untuk membuat sumur bor, konsultasikan berapa harga yang perlu dibayar dan bagaimana sistem pembayarannya. Apakah harus lunas di awal atau bisa dilunasi sekaligus setelah sumur diselesaikan.
  • Apabila Anda bekerjasama dengan penyedia jasa pembuat sumur bor, tanyakan deadline waktu yang dibutuhkan untuk membuat sumur bor agar Anda bisa mengkalkulasikan waktu untuk pemakaian sumur.
  • Kedalaman dan pemanfaatan sumur

Ketika Anda sudah bertanya berapa tarif biaya pembutan sumur bor di Jogja, pastikan Anda tahu kedalaman sumur yang dibutuhkan oleh bangunan Anda dalam jangka panjang dan pemanfaatannya. Anda perlu memperhitungkan segala aspek terkait kedalaman dan pemanfaatan sumur agar biaya yang telah dikeluarkan tidak berakibat kerugian jangka panjang. Misalnya saja, untuk bangunan seluas 500m yang akan dibangun diatas tanah seluas 850m, membutuhkan 1-2 sumur bor dengan kedalaman 150m untuk mensuplai kebutuhan air semua penghuni bangunan tersebut. ahli sumur bor jogja mengatasi dan mencarikan air bersih di lingkungan anda pastikan pilihan jasa sumur bor ke kami.

Sedot WC Yogyakarta © Frontier Theme