Tukang Sedot WC di Depok Sleman

Tukang sedot WC di Depok Sleman memberikan solusi bagi para pemilik rumah yang mengalami masalah dengan septic tank. Septic tank itu sendiri merupakan tempat untuk menampung dan mengolah limbah di rumah atau gedung. Tetapi karena sifat dan lokasinya, sebagian pemilik bangunan mungkin kurang memperhatikan kondisi septic tank hingga akhirnya menimbulkan masalah.

Hal yang sering terjadi adalah septic tank yang terlalu penuh dan menyebabkan toilet mampet sehingga memerlukan jasa sedot WC. Berikut ini adalah beberapa tanda yang menjadi indikasi ketika septic tank bermasalah.

  • Bau Menyengat

Tanda pertama septic tank perlu disedot adalah berbau menyengat. Bau tersebut disebabkan karena gas H2S atau Hidrogen sulfide yang dihasilkan dari proses penguraian alami bakteri. Bau tersebut akan tercium ketika septic tank tidak berfungsi dengan baik.

  • Limbah Sulit Dialirkan

Hal selanjutnya yang dapat diperhatikan adalah limbah atau kotoran sulit dialirkan ke saluran pembuangan dan muncul kembali ke permukaan dari saluran pembuangan. Ini merupakan salah satu tanda saluran septic tank macet karena penuh.

Penyebab Septic Tank Bermasalah

Anda mungkin sudah sering menjumpai himbauan agar tidak membuang tisu ke WC saat berada di toilet umum. Hal ini tentu bukan tanpa alasan karena memang dapat menghambat kinerja toilet untuk mendorong kotoran. Selain tisu, ada beberapa barang lain yang dapat menyebabkan WC mampet seperti pembalut, tisu basah, tusuk gigi, dan popok bayi.

Solusi Untuk Septic Tank yang Bermasalah

Bagi Anda yang mengalami masalah pada WC, toilet,atau saluran pembuangan di rumah, berikut ini adalah beberapa tips sederhana yang dapat dilakukan untuk mengatasi WC mampet atau septic tank yang bermasalah.

  • Air Panas dan Sabun Cuci Piring

Untuk cara yang satu ini, Anda perlu menyiapkan handuk, secangkir sabun cuci piring cair dan air panas yang banyak. Letakkan handuk di lantai yang ada di sekitar WC sebagai pelindung dari tumpahan air WC. Setelah itu, masukkan sabun cuci piring ke WC. Diamkan sampai sabun mengendap. 

Fungsi sabun cuci piring tersebut adalah untuk melicinkan saluran WC agar benda yang menyumbat dapat mengalir ke septic tank dengan mudah. Selanjutnya, tuang air panas sebanyak ke dalam WC tetapi jangan sampai airnya keluar dari WC. Tunggu selama 20 menit kemudian flush WC untuk mengetahui apakah WC masih bermasalah atau tidak.

  • Cuka dan Baking Soda

Bahan yang satu ini selalu menjadi pilihan untuk mengatasi berbagai masalah di rumah hunian seperti membersihkan kotoran hingga WC yang tersumbat.Untuk cara penggunaannya, tuangkan secangkir baking soda ke WC dan diamkan sampai mengendap. Kemudian tuangkan 2 cangkir cuka dengan cara memutar agar cuka tersebar secara merata.

Ketika Anda menggunakan cara ini, akan muncul gelembung-gelembung dari bahan tersebut. Pastikan gelembung tersebut tidak sampai keluar dari WC. Beri waktu cuka dan baking soda untuk mengatasi masalah wc mampet selama 1 jam. Setelah itu, flush WC. Jika masih belum teratasi, maka perlu tindakan sedot WC oleh ahli.

  • Gantungan Baju Kawat

Selain menggunakan bahan cair, Anda juga dapat mengatasi wc mampet dengan bahan padat. Cara ini hanya dapat dilakukan jika wc bermasalah karena terhambat oleh benda dan benda tersebut lokasinya tidak jauh dari corong wc.

Pertama-tama, siapkan gantungan baju kawat. Kemudian potong kawatnya. Bungkus kain pada bagian yang tajam dan sematkan selotip agar tidak menyebabkan WC rusak. Masukkan ujung yang lancip ke pipa WC. Cara ini akan mendorong benda yang menghalangi air mengalir masuk ke septic tank. Jika cara ini berhasil, air wc akan menyusut. Kemudian tekan tombol flush. Jika cara ini tidak berhasil, maka Anda dapat menggunakan jasa sedot WC

  • Memanfaatkan Plastik Pembungkus Makanan

Plastik pembungkus yang sering digunakan untuk membungkus makanan dan buah potong juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi wc bermasalah. Caranya, tutup tempat duduk wc dengan plastic wrap. Kemudian tekan tombol flush hingga air mengembang. Tekan berulang kali. Cara ini bertujuan untuk menekan kembali udara ke dalam wc sehingga udara mendorong benda yang menyebabkan wc tersumbat.

Solusi paling mudah dan banyak dilakukan oleh para pemilik bangunan adalah menggunakan jasa sedot wc seperti tukang sedot wc di Depok Sleman. Ini merupakan cara yang paling efektif untuk mengatasi hampir semua masalah pada WC. 

Seberapa Sering WC Perlu Disedot?

Salah satu hal yang sering ditanyakan adalah seberapa sering WC sebaiknya disedot untuk mengantisipasi septic tank penuh. Sebagian orang mengatakan septic tank di rumahnya tidak pernah disebut. Namun ada juga yang melakukan sedot WC beberapa tahun sekali.

Septic tank yang baik sebenarnya tidak perlu disedot. Ketika proses penguraian limbah berjalan lancar dan jumlah limbah masuk seimbang dengan limbah yang keluar,seharusnya septic tank tidak akan penuh dan tidak perlu disedot. Tetapi jika septic tank rusak, maka Anda perlu melakukan sedot wc.

Penyedotan juga tidak perlu dilakukan terlalu sering karena sudah ada sistem yang melibatkan mikroba. Mikroba akan memakan limbah yang masuk hingga keluar. Saat ada limbah masuk lagi, sebagian mikroba mati dan sebagian hidup lagi. Siklus itu akan berlangsung terus menerus sehingga tidak perlu melakukan penyedotan.

Jika di beberapa tempat ada yang melakukan sedot wc secara rutin, hal ini mungkin karena sistem septic tank yang tidak berjalan dengan baik dan hanya sekedar dianggap sebagai tempat penampungan tinja. Untuk mengatasinya, Anda dapat berkonsultasi dengan tukang sedot wc di Depok Sleman.

Sedot WC Yogyakarta © Frontier Theme