Cara mengatasi saluran air mampet dengan Garam

Author:

Cuma Pakai Garam Bisa Mengatasi Saluran Air Mampet

Ketika saluran mampet baik di kamar mandi atau di tempat cuci piring membuat kamu menjadi panik. Lubang saluran air akan kamu buka, di gosok hingga melakukan sedot WC. Bahkan beberapa orang biasanya akan langsung berpikiran untuk membongkar saluran air tersebut. 

Saluran air bisa mampet karena banyak faktor, tapi penyebab penyumbatan ini sendiri sebenarnya bisa diatasi dengan cara menghindarinya. Namun jika terlanjur mampet kamu bisa memperbaikinya salah satunya adalah dengan cara mengatasi saluran air mampet dengan garam.

Baca juga: Biaya sedot wc

Faktor Penyebab Saluran Air Mampet

Ada beberapa faktor yang menyebabkan saluran air mampet. Dan penyebab berikut adalah yang paling sering terjadi pada kehidupan sehari-hari diantaranya:

  • Saluran Air Kamar Mandi Mampet Karena Rambut

Penyumbatan saluran air kamar mandi sangat sering terjadi. Penyumbatan ini biasanya terjadi karena ada penumpukan debu, kerontokan kulit ari, rambut yang membelit di saluran air, busa sabun hingga residu dari sabun. 

Namun yang paling sering saluran mampet karena rontokan rambut. Nah untuk membersihkannya memang tidak sulit. Namun jika kamu tidak langsung membersihkannya maka gumpalan rambut akan semakin banyak dan akhirnya menyebabkan kesulitan untuk dibersihkan. Untuk itu, dibutuhkan penanganan khusus. 

  • Saluran Air Mampet Karena Minyak

Saluran air mampet dari pembuangan bak cuci piring biasanya disebabkan karena ada banyak minyak yang dibuang di saluran pembuangan tersebut. Selain itu, residu dari sabun hingga sisa makanan bisa menjadi salah satu sumber saluran mampet. 

Minyak dan lemak akan menumpuk di saluran air, itulah mengapa kamu harus rajin membersihkan pembuangannya. Minyak sebenarnya tidak larut di saluran air, justru minyak akan menempel di dalam pipa dan akhirnya menumpuk dan membeku. Hal ini bisa menyebabkan saluran mampet dan air tidak bisa lewat. Cara menghindari minyak yang membeku di saluran pembuangan bisa dengan cara membuang bekas minyak tidak di saluran pembuangan namun di tempat lain yang tidak memerlukan saluran pembuangan. 

Lalu Bagaimana Cara Mengatasinya?

Saluran mampet adalah salah satu masalah dari rumah yang sangat sering terjadi. Bukan hanya mampet pada bagian bak cuci piring, namun terkadang terjadi penyumbatan pada lubang pembuangan air dikamar mandi hingga di WC. Hal ini menyebabkan kamu harus sedot WC atau melakukan langkah lain dalam mengatasinya. Namun jika terjadi di saluran bak air atau kamar mandi sebenarnya ada cara sederhana dengan bahan dapur untuk mengatasi masalah ini.

Sebenarnya, ada cara mudah dalam mengatasi hal ini. Dan salah satunya adalah cara mengatasi saluran air mampet dengan garam. Dikutip dari halaman Home Guide SF Gate, untuk membersihkan saluran mampet kamu bisa menggunakan garam, caranya adalah dengan memasukkan garam ke dalam saluran air yang tersumbat dengan tambahan air panas. Atau kamu juga bisa menggunakan baking soda dan cuka. 

Setelah masalah saluran mampet terselesaikan, maka kamu masih bisa menggunakan cara yang sama untuk perawatan secara teratur guna mencegah terjadinya saluran mampet kembali. 

  1. Cara Mengatasi Saluran Air Mampet Dengan Garam

Untuk membersihkan saluran air yang mampet, kamu bisa menggunakan garam. Caranya juga sangat mudah untuk dilakukan. Kamu bisa mulai dengan cara mencampurkan garam dengan air dalam panci besar dan kemudian panaskan diatas kompor. Untuk takaran garam dan airnya sendiri adalah ¼ cangkir garam maka bisa dicampurkan dengan 8 gelas air. Sebelumnya, disarankan untuk menyiram air panas ke saluran air sebelum kamu menyiramkan air garam di saluran yang tersumbat. 

  • Cara Mengatasi Saluran Air Mampet Dengan Baking Soda Dan Cuka

Selain cara mengatasi saluran air mampet dengan garam, kamu juga bisa menggunakan baking soda dan cuka. Kedua bahan makanan ini sangat mudah untuk kamu temukan. Baking soda akan bereaksi dengan cuka dalam memecahkan asam lemak di dalam saluran air mampet karena lemak. Untuk cara mengatasi saluran mampet, kamu bisa mulai dengan menuangkan 1 gelas soda kue langsung ke saluran pembuangan. 

Jika diperlukan, kamu bisa menggunakan corong untuk memasukkan baking soda melewati perlindungan percikan pembuangan sampah. Sebelumnya, pastikan juga untuk melepaskan sumbatan dari wastafel kamar mandi atau bak cuci piring sebelum menuangkan soda kue. Setelah baking soda di tuangkan, kamu bisa mulai menuangkan ½ gelas cuka ke saluran pembuangan. Saat cuka bercampur dengan baking soda maka akan terbentuk gas. Kamu bisa menekan gas ke pembuangan untuk meningkatkan tekanan pipa. 

Setelah 30 menit, kamu bisa melepas sumbatan saluran dan bilas saluran dengan air panas. Setelahnya kamu akan melihat kotoran akan keluar dari saluran air. Dan saluran air akan kembali berjalan normal. 

  • Cara Mengatasi Saluran Air Mampet Dengan Garam, Baking Soda Dan Cuka

Jika dirasa penyumbatannya sangat membandel. Maka kamu bisa menambahkan ½ gelas garam, baking soda dan cuka di dalam saluran pembuangan. Lalu kamu bisa tutup wastafel dengan sumbat saluran. Kamu bisa biarkan selama beberapa jam atau semalaman. Kemudian kamu bisa siram dengan menggunakan air panas. Cara ini bisa membantu untuk membersihkan masalah saluran mampet. 

Walaupun sangat sederhana cara mengatasi saluran air mampet dengan garam memang terbukti sangat ampuh untuk membersihkan masalah saluran mampet. Apalagi seperti yang diketahui bersama jika saluran mampet sebenarnya akan sangat mengganggu keseharianmu. Bahkan bisa menyebabkan aktivitas kamu bisa terhambat. Itulah mengapa cara sederhana ini bisa kamu lakukan bahkan tanpa harus bantuan orang lain. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

× WhatsApp