Cara Mengatasi WC Jongkok Mampet

Cara Mengatasi WC Jongkok Mampet │

6 Cara Mengatasi WC Jongkok Tersumbat

WC jongkok yang tersumbat bisa menjadi masalah besar, terutama jika toilet tersebut adalah toilet yang digunakan oleh banyak orang. Masalah ini akan sangat mengganggu aktivitas orang-orang dalam rumah, yang bahkan harus mencari toilet lain untuk menyelesaikan urusannya.

Penyebab toilet mampet

Toilet mampet biasanya disebabkan oleh berbagai hal, di antaranya adalah saluran pipa udara septic tank yang tersumbat ataupun adanya sampah yang mengganjal pada bagian pipa pembuangan. Sebagai contoh, yang paling sering menyebabkan mampet adalah karena membuang sampah pembalut dalam kakus. Padahal, hal ini tidak dibenarkan.

Ada banyak cara yang dilakukan oleh orang-orang untuk memperbaiki toilet, namun akhirnya malah menyebabkan lebih banyak kerusakan.

Maka dari itu, penting untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi WC jongkok mampet dengan benar. Berikut bisa Anda simak penjelasannya.

Menggunakan penyedot WC

Setiap rumah ataupun toilet pada gedung harus memiliki penyedot WC. Mengapa demikian? Ini karena penyedot WC adalah alat paling baik untuk membuka sumbatan toilet dan tidak akan menyebabkan kerusakan. Tanpa penyedot, WC jongkok akan lebih mudah tersumbat.

Ada berbagai jenis penyedot WC yang bisa Anda gunakan. Pilih yang memiliki desain terbaik untuk membuka sumbatan toilet.

Gunakan penyedot pada bagian kakus WC, kemudian dorong pelan-pelan hingga terkunci dengan kuat. Hati-hati, jangan terlalu kencang mendorong karena air kakus bisa terpercik ke tubuh Anda sendiri. Pompa penyedot ke atas dan bawah, pastikan terkunci rapat. Tarik penyedot ke bagian atas untuk membukanya. Alirkan air ke bagian kakus WC. Jika sumbatan belum terbuka, maka Anda bisa mengulangi langkah-langkah tersebut hingga sumbatan terlepas.

Jika sudah, simpan kembali penyedot Anda pada tempat yang mudah dijangkau jika sewaktu-waktu WC Anda kembali mampet.

Gunakan air panas dan sabun

Apakah Anda tidak memiliki penyedot di rumah? Cara mengatasi WC penuh paling mudah selanjutnya adalah dengan menggunakan air panas dan sabun. Sabun yang digunakan sebaiknya sabun cuci piring yang licin, karena akan lebih mudah membuka sumbatan. Jika tidak ada juga, Anda bisa menggunakan alternatif lain yaitu shampoo yang biasanya ada dalam kamar mandi.

Gunakan air panas (bukan air mendidih) untuk hasil yang optimal dan tidak merusak permukaan WC jongkok. Tuangkan sabun cuci piring pada bagian kakus yang tersumbat. 

Setelahnya, siramkan air panas dengan hati-hati ke dalam toilet. Biarkan beberapa menit untuk bereaksi dengan optimal. Kemudian, Anda bisa menyiram WC dengan air biasa hingga bersih.

Gunakan soda kue dan cuka

Cara mengatasi WC jongkok mampet lain yang bisa dilakukan dengan mudah adalah menggunakan bahan-bahan rumah tangga yang aman dan tidak berbahaya, di antaranya adalah soda kue dan cuka. Soda kue dan cuka dikenal baik dalam membersihkan berbagai kotoran dalam peralatan rumah tangga dan baik dalam melancarkan saluran pembuangan air.

Caranya adalah dengan meletakkan 1 cup soda kue pada bagian WC jongkok yang tersumbat dan tunggu beberapa menit. Kemudian, tuangkan 2 cup cuka. Soda kue dan cuka akan bereaksi dan mengakibatkan terjadinya gelembung. Tuangkan pelan-pelan supaya tidak terjadi letupan.

Setelahnya, tunggu beberapa saat dan siram WC jongkok hingga bersih.

Gunakan penyedot auger

Penyedot auger atau disebut penyedot bor (plumbing snake) memiliki ujung berupa kawat yang melengkung. Kawat ini kemudian memiliki lapisan karet yang nantinya akan masuk dan membuka sumbatan pada WC jongkok Anda dengan aman.

Masukkan bagian ujung kawat pada WC dan pelan-pelan putar bor searah jarum jam. Ketika terasa berat, maka putar balik kawat. Siram toilet untuk melihat apakah sumbatan telah terbuka atau belum. Jika belum, lakukan kembali dengan cara yang sama hingga sumbatan terbuka.

Gunakan cairan pembersih sumbatan yang aman

Pembersih berbahan kimia memang tidak disarankan, karena tidak aman, dapat merusak WC jongkok, saluran pembuangan, dan juga dapat merusak kulit penggunanya atau menyebabkan iritasi.

Maka, jika Anda ingin menggunakan produk pembersih cairan untuk WC mampet, sebaiknya gunakanlah yang memiliki kandungan bahan-bahan alami, dan tidak ada zat kimia yang merusak. Biasanya, bahan-bahan alami tersebut adalah jenisnya enzim. Perhatikan label kemasan, dan baca keterangan produk sebelum membeli.

Beli produk yang aman bagi lingkungan, sehingga akan menghindarkan dari berbagai bahaya kerusakan yang bisa ditimbulkan. Perhatikan pula dosis penggunaannya supaya pembersih tersebut dapat bekerja dengan optimal.

Gunakan jasa sedot WC

Ketika semua cara mengatasi WC duduk tersumbat telah Anda lakukan, cara terakhir yang paling aman dilakukan adalah dengan menghubungi jasa sedot WC. Jasa sedot WC telah profesional pada bidangnya dan memiliki pengalaman dalam mengatasi masalah WC tersumbat dengan benar dan tanpa risiko kerusakan. 

Apalagi jika masalah WC tersumbat ini bukanlah yang pertama kalinya terjadi. Ini berarti bahwa ada masalah pada saluran pembuangan Anda.  Anda harus memanggil ahlinya untuk menyelesaikan masalah ini.

Pilih jasa saluran mampet yang profesional yang memiliki jaminan kualitas yang baik dan dalam waktu yang telah disepakati. Apalagi urusan WC mampet dapat mengganggu aktivitas biologis seluruh orang dalam rumah.

Sekian informasi mengenai cara mengatasi WC jongkok mampet yang bisa Anda coba. Jika masalah WC tersumbat ini sudah lama terjadi, jangan ragu untuk mendatangi profesional dan meminta bantuan dalam penanganan masalah WC tersumbat.

Bisa jadi saluran dalam pipa Anda yang rusak dan minta diganti. Kejadian WC tersumbat berulang-ulang tentu saja akan sangat merepotkan!

Baca Juga: tips Jasa sedot wc untuk saluran mampet

Sedot WC Yogyakarta © Frontier Theme
× WhatsApp