Tukang saluran mampet Jogja

Author:

5 Tips Jitu Mengatasi Saluran Mampet dari Tukang Saluran Mampet

kami selaku jasa saluran mampet di jogja akan memberikan sedikit tips untuk anda apabila di tempat tinggal anda mengalami wc mampet, dan jika anda tidak bisa mengerjakanya, cukup serahkan saja ke kami, kami akan memberikan pelayanan terbaik untuk anda.

Saluran air menjadi salah satu bagian penting dari rumah Anda. Jika saluran air rumah mampet, akan timbul berbagai masalah, seperti munculnya genangan air dan bau yang tidak sedap. Tukang saluran mampet biasanya memiliki alat khusus untuk mengatasinya. Namun, Anda sendiri juga dapat mengatasi dengan berbagai barang sederhana yang ada di rumah Anda.

Tips Mengatasi Saluran Mampet

Saluran yang mampet ini ternyata dapat diatasi dengan cara-cara sederhana yang dapat Anda praktekkan sendiri di rumah, sebelum memanggil tukang saluran mampet. Berikut ini tipsnya.

  1. Sabun cuci piring dan air panas

Ada bermacam-macam penyebab saluran air mampet, jika saluran air Anda mampet karena minyak, sabun cuci piring dapat menjadi solusi yang tepat. Caranya, tuangkan sabun cuci piring Anda ke saluran air yang tersumbat, kemudian tuangkan air panas 1 liter ke dalam saluran air tersebut. Lakukan beberapa kali hingga saluran air Anda tidak lagi mampet.

  • Soda api dan air panas

Cara menggunakan soda api untuk saluran mampet sangat mudah. Anda hanya perlu mencampurkan 750 ml soda api ke dalam air panas 3 liter dan aduk hingga rata. Saat muncul bunyi desis dan panas dari soda api itu, segera tuangkan larutan tersebut ke saluran air yang mampet. Diamkan selama 30 menit, kemudian siramkan lagi air panas ke selokan tersebut untuk membersihkan sisa-sisa soda api. Jangan lupa gunakan sarung tangan, untuk menghindari kontak langsung dengan soda api.

  • Baking Soda dan Garam

Campuran garam dan baking soda dapat menjadi cara jitu membersihkan saluran mampet. Campurkan garam dan baking soda dengan perbandingan 1:1, kemudian tuangkan campuran tersebut ke saluran air. Tunggu selama lima menit, kemudian bersihkan dengan air.

  • Jus lemon

Tidak hanya enak diminum, jus lemon juga dapat menjadi salah satu cara mengatasi saluran mampet karena lemak. Caranya cukup mudah, tuangkan 200 ml jus lemon ke dalam saluran air sedikit demi sedikit, kemudian tunggu selama 10 menit. Setelah itu, bersihkan saluran dengan air bersih. Selain dapat membersihkan lemak, jus lemon juga dapat menyegarkan kembali bau saluran yang tidak sedap.

  • Pembersih berbahan kimia

Selain bahan-bahan di atas, Anda juga dapat menggunakan pembersih berbahan kimia yang dijual di pasaran. Anda hanya perlu menuangkannya ke dalam saluran air yang mampet kemudian tunggu selama beberapa menit. Bilas dengan air sembari menyikatnya dengan sikat khusus. Pastikan Anda menggunakan sarung tangan, agar tangan Anda tidak kontak langsung dengan bahan kimia tersebut.

Penyebab Saluran Mampet

Ketika saluran air mulai menggenang, biasanya kita akan panik dan langsung memanggil tukang saluran mampet untuk mengatasinya. Namun, sebelum itu Anda juga harus tahu penyebab saluran air Anda mampet, agar Anda dapat lebih menjaganya di kemudian hari. Berikut ini penyebab umum saluran mampet.

  1. Tisu atau pembalut

Dua barang ini sering kali menjadi penyebab saluran air yang mampet dalam toilet. Hal ini dapat terjadi karena pembalut atau tisu yang terbenam di air, akan menyerap air dan membesar, sehingga menyumbat saluran di dalamnya.

  • Lemak sisa makanan

Residu dari sisa makanan yang berminyak biasanya menyumbat pada saluran air bak pencucian piring. Minyak yang Anda pikir larut dengan air itu sebenarnya menempel pada dinding pipa dan bisa menumpuk di dalamnya. Oleh karena itu, lebih baik Anda menaruh sisa makanan yang berminyak ke dalam wadah khusus dan dibuang ke tempat sampah.

  • Rambut

Saluran kamar mandi menjadi area yang paling sering mengalami penyumbatan karena rontokan rambut. Usahakan Anda membersihkan saluran air kamar mandi secara rutin untuk menghindari penumpukan rambut yang banyak. 

  • Hujan deras

Kapasitas air hujan yang cukup besar juga dapat menyebabkan saluran air tersumbat dan menimbulkan banjir. Jika saluran air di sekitar rumah Anda mampet hingga menimbulkan banjir, sebaiknya segera panggil tukang saluran mampet untuk membenahinya, agar tidak memperparah atau bahkan merusak pipa saluran.

Cara Menjaga Saluran Air agar Tidak Mampet

Setelah menggunakan jasa tukang saluran mampet, kini giliran Anda yang harus menjaga saluran air agar tidak mampet lagi. Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah saluran air mampet kembali.

  1. Buang sampah pada tempatnya

Jika Anda memiliki kebiasaan tidak membuang sampah pada tempatnya, maka saluran air Anda akan berpotensi mampet kembali. Buang sisa makanan di dapur atau rontokan rambut di kamar mandi pada tempat sampah. Jangan lupa segera bersihkan halaman rumah, dari sampah dedaunan, ranting, atau plastik agar tidak tersapu ke dalam selokan dan menimbulkan penyumbatan.

  • Bersihkan saluran air secara rutin

Meskipun Anda telah membuang semua sampah pada tempatnya, Anda tetap harus membersihkan saluran air secara rutin minimal seminggu sekali. Anda dapat menggunakan cairan disinfektan untuk membasmi bakteri di dalamnya atau menggunakan baking soda sebagai solusi saluran mampet.

  • Gunakan saringan air

Untuk mempermudah Anda membuang kotoran dari saluran air, Anda dapat menggunakan saringan air yang diletakkan di dalam saluran. Dengan menggunakan saringan setidaknya Anda telah meminimalkan terjadinya penyumbatan akibat kotoran yang menumpuk.

  • Ketahui pipa dan sistem pemasangannya

Untuk menghindari penyumbatan air pastikan Anda memilih pipa berkualitas yang terbuat dari resin murni. Jangan menggunakan pipa yang tampak mengilap karena biasanya mengandung bahan aditif yang membuat pipa lebih mudah pecah. Terapkan pula sistem pipa belok Y dengan kemiringan kurang dari 45 derajat untuk memperlancar aliran air.jika masih bingung konsultasikan keluh kesah anda kepada kami, kami selaku jasa saluran mampet dan sedot wc jogja akan memberikan masukan sebaik mungkin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

× WhatsApp